Kamis, 27 Februari 2014

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi

Biasanya ketika kita memasukkan flashdisk ke slot USB, komputer akan menunjukkan di sudut kanan bawah bahwa flashdisk kita telah terdeteksi dan siap digunakan. Bagaimana kalau hal ini tidak terjadi? Sangat menjengkelkan ketika flashdisk yang selama ini kita gunakan tiba-tiba tidak terdeteksi di komputer. Setelah dicolok ke slot USB komputer sama sekali tidak bereaksi apa-apa. Begitu pula ketika kita buka My Computer, flashdisk kita tidak terlihat di Removable Storage.


Kalau sudah begini apa yang harus kita lakukan? Sebelum kita menganggap flashdisk kita rusak dan bersiap-siap membeli yang baru ada baiknya kita coba dulu langkah-langkah berikut agar flashdisk kita bisa diselamatkan. Mungkin saja data yang ada di dalamnya lebih berharga dari flashdisk itu sendiri. Berikut cara memperbaiki flashdisk tidak terdeteksi:

  • Masukkan flashdisk anda di slot USB
  • Jika komputer tidak bereaksi, segera buka My Computer
  • Apabila flashdisk tidak terlihat di My Computer, klik kanan dan pilih properties. Lihat gambar di bawah ini.














  • Pilih menu Hardware dan klik Device Manager. Pada Universal Serial Bus Controller akan terlihat tanda seru kuning dan ini menandakan bahwa flashdisk bermasalah.


 
  • Klik kanan pada USB Mass Storage, pilih Uninstall dan OK. Maka Flashdisk kita akan hilang dari Device Manager.
  • Buka menu Hardware pada Control Panel dan klik Next maka komputer akan menemukan flashdisk kita. Klik Finish untuk menyelesaikan langkah ini.


 


Demikian cara memperbaiki flashdisk tidak terdeteksi. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar: